Artikel

Sistem Inf. Manajemen

Tuntutan kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat dewasa ini merupakan suatu implikasi dari perkembangan yang pesat teknologi informasi. Kondisi ini menuntut tersedianya tenaga-tenaga ahli yang terampil dalam mengelola informasi dan STIKOM Balikpapan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terletak di Balikpapan berupaya mewujudkannya.

STIKOM Balikpapan dalam perkembanganya selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat dan seluruh civitas akademika. Untuk itu dalam rangka mewujudkan pelayanan yang terbaik tersebut, maka penerapan sistem komputerisasi dengan efisiensi dan efektifitas pekerjaan yang senantiasa menjadi perhatian bersama.

Pada masa sekarang, komputer sudah digunakan di banyak tempat dan dijadikan sebagai andalan dalam pemrosesan informasi. Untuk itu, kebutuhan akan peralatan komputer dan infrastruktur yang mendukung terlaksananya pelayanan terhadap akademik, administrasi, keuangan yang lancar dan proses belajar mengajar yang baik. Selain itu, saat ini STIKOM Balikpapan telah mengembangkan beberapa sistem informasi manajemen perguruan tinggi dan sistem pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi antara lain :

* Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Online (SIAMOn)
* Sistem Informasi Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) (local intranet)
* Sistem Informasi Perpustakaan (local)
* STIKOM e-Learning

Sistem Informasi Akademik Online Mahasiswa (SIAMOn)

Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Online (SIAMOn) ini terdiri atas:

* Sistem Informasi Akademik berbasis web
* Sistem Informasi Pembayaran SPP/SKS berbasis Desktop yang terintegrasi lokal Intranet.
* Sistem Informasi Akademik berbasis Desktop yang terintegrasi lokal Intranet.

Sistem Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

Sistem Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru terpisah dari SIAMOn, namun resources pemanfaatannya bersumber pada server database yang sama.

Berjalan di area lokal intranet, pelaksanaan ujian dilangsungkan di Laboratorium Komputer Kampus A. Dengan ujian ini, membantu calon mahasiswa mengetahui secara cepat hasilnya, juga membantu kelancaran proses administrasi akademik mahasiswa.

Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem informasi ini dibangun diatas Sistem Operasi Windows menggunakan bahasa pemrograman Visual FoxPro, stand-alone. Tujuan Sistem Informasi Perpustakaan ini adalah untuk mempermudah pengelolaan data perpustakaan, seperti untuk mempermudah pencarian buku/katalog, keanggotaan, peminjaman dan pengembalian buku dan pelaporan secara berkala.