Artikel

Inilah Daftar Mahasiswa yang Lulus Seleksi COOP Angkatan XIX

BALIKPAPAN – Masih ingat tes seleksi penerimaan Cooperative Education Program beberapa minggu yang lalu? Ya, dari rangkaian seleksi yang cukup ketat itu akhirnya keluar daftar nama-nama mahasiswa yang lulus tes tersebut beberapa hari yang lalu, termasuk di antaranya terdapat nama-nama mahasiswa STIKOM Balikpapan.

Awalnya, hasil seleksi dokumen yang diadakan di masing-masing kampus berhasil menjaring 103 orang mahasiswa yang lolos seleksi tertulis dan wawancara. Dari jumlah tersebut terdiri atas 81 orang mahasiswa Universitas Mulawarman, Universitas Kartanegara 8 orang, STMIK Balikpapan 7 orang, STITEK Bontang 5 orang, STT Migas Balikpapan 1 orang dan STMIK Widya Cipta Samarinda 1 orang.

Meski sebelumnya beberapa mahasiswa skeptis atas lulus tidaknya mengikuti tes tersebut dengan alasan jarak yang jauh ke Samarinda, tetapi pada akhirnya 4 orang mahasiswa berhasil diterima. Atas keberhasilan ini, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIKOM Balikpapan, Wisnu Hera Pamungkas, S.Tp., M.Eng., mengatakan cukup baik mengingat separuh dari mahasiswa STIKOM Balikpapan yang mengikuti tes di program tersebut dinyatakan diterima.

Berikut nama-nama mahasiswa yang kesemuanya berasal dari program studi Teknik Informatika (S1) antara lain Yemima Manullang yang akan ditempatkan di PT. BADAK NGL Co., sedangkan Abdul Malik, Babul Hasan, dan Aryo Wahyu Wibowo, ketiganya akan ditempatkan di Chevron.

Pak Wisnu, demikian biasa dipanggil, berpesan pada mahasiswa yang lulus agar berbuat yang terbaik. “Do Your Best! Program ini saya harapkan bukan hanya sekedar menjadi rutinitas di luar perkuliahan, namun bisa menjadi pembelajaran terhadap dunia kerja yang berbeda dengan teori di bangku kuliah. Program ini juga bisa menjadi tolak ukur perusahaan terhadap image sebuah kampus, memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai lulusan sebuah kampus. Inilah yang menjadi poin penting, akan sangat berarti ketika lulusan kita melakukan pendaftaran yang sebenarnya di perusahaan-perusahaan tersebut,” urainya panjang lebar.

Meski demikian, bagi yang belum lulus kali ini masih ada kesempatan lain. “Kecenderungannya, sukses tidak datang dalam sekali kesempatan. Oleh karena itu saya harapkan kepada mahasiswa lain tidak jera untuk terus mencoba, tidak hanya melalui COOP Migas, STMIK Balikpapan juga telah menjalin kerjasama magang secara spesifik dengan Chevron, kemudian MoU untuk Program Kriya Mandiri dengan Bank Mandiri, Tbk yang juga sedang digagas sehingga kesempatan untuk berkarir di perusahaan besar sangat terbuka lebar,” tambahnya.

“Harapan saya untuk kedepannya perlu adanya pengarahan dan pendampingan mahasiswa semester lanjut terkait program-program serupa sehingga diharapkan pola pikir mahasiswa dapat lebih terbuka,” jelas Pak Wisnu menanggapi rasa skeptis yang beredar sebelumnya. Ok deh, selamat ya, semoga lancar sampai selesai kerja praktek. ;-)

Update 2/8/2012:
Informasi dari Pak Wisnu menyebutkan bahwa Sdri. Yemima Manullang pindah ke Chevron dari sebelumnya PT. BADAK NGL.