Artikel

20 Tahun Yayasan Airlangga: Lulusan Berprestasi dan Gakin Bisa Kuliah Gratis

BALIKPAPAN – Kabar gembira bagi lulusan SLTA yang berprestasi ataupun dari keluarga miskin (gakin). Memasuki tahun ajaran baru 2012-2013, dalam rangka memperingati 20 tahun Yayasan Airlangga Balikpapan, yayasan memberikan kesempatan pada mereka untuk kuliah dengan bebas uang pangkal (DPP) dan SPP.

Menurut Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Airlangga Bapak Agung Sakti Pribadi, kuliah gratis bagi lulusan SLTA berprestasi dan gakin sebagai salah satu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Ada dua kriteria lulusan SLTA berprestasi yang bisa memperoleh pendidikan gratis di STMIK STIKOM Balikpapan, ASMI Airlangga Balikpapan, dan STMIK SPB Airlangga Samarinda. Pertama, rangking 1-5 di sekolah dan atau rangking 1-3 di kelas, serta yang kedua siswa yang lulus tes bahasa Inggris.

Banner STIKOM Balikpapan

“Walaupun tidak rangking, tapi kalau bahasa Inggrisnya bagus dan lulus tes, bisa mendapatkan bebas biaya pendidikan,” ungkap Pak Agung. Khusus lulusan SLTA berprestasi rangking 1-5 di sekolah atau rangking 1-3 di kelas yang memiliki kemampuan bahasa Inggris sangat baik, akan ditawari beasiswa kuliah ke jenjang selanjutnya dan ikatan dinas di Yayasan Airlangga.

Menurut Pak Agung, jika kelak menjadi mahasiswa yang berprestasi akan diberi kesempatan menjadi asisten dosen dan berpeluang untuk menjadi dosen di PTS masing-masing. Yayasan yang dibuka tahun 1992 ini pertama kali membuka bimbingan belajar SMP dan SMA, kursus komputer, Akuntansi, dan bahasa Inggris di kawasan kompleks pelajar Gunung Pasir, Balikpapan.

Kini di bawah naungan Airlangga Group telah berdiri SMP Airlangga Balikpapan, SMK Airlangga Balikpapan, SMK TI Airlangga Samarinda, dan tiga perguruan tinggi swasta (PTS) mulai dari STMIK STIKOM Balikpapan, Akademi Sekretaris dan Manajemen Indonesia-ASMI Airlangga Balikpapan, dan terakhir STMIK SPB Airlangga Samarinda. Masing-masing PTS tersebut berbeda yayasan, namun masih dalam satu manajemen terpadu di Airlangga Group Balikpapan.

Yayasan Airlangga selalu membuka kesempatan kepada siswa gakin maupun lulusan SLTA untuk mengikuti pelatihan dan kursus singkat gratis tanpa dipungut biaya.

“Bulan Maret sampai Juni lalu kami telah melatih 100 siswa lulusan SLTA untuk kursus singkat Bahasa Inggris dan Komputer,” demikian dikatakan Agung Sakti di kantor yayasan.

Bagi Anda lulusan SLTA berprestasi atau gakin yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kesempatan kuliah gratis, dapat menghubungi kampus STMIK STIKOM Balikpapan 0542-424545, kampus ASMI Airlangga Balikpapan 0542-7203828 dan kampus STMIK SPB Airlangga Samarinda 0541-741864. (***/are)