Artikel

Selamat Datang Mahasiswa Baru dan Jangan Bingung Soal Kuliah

BALIKPAPAN – Selamat datang mahasiswa baru, dan bangku-bangku kuliah akan kembali mendapatkan penghuni baru. Saat ini mahasiswa baru (maba) sudah mulai berdatangan dan meramaikan berbagai kampus di berbagai kota di Indonesia, menjelang dimulainya tahun akademik baru 2012/2013.

Dari kampus, sebagai kawah candradimuka, awal perjalanan panjang atau pendek perjuangan ini akan dilalui. Memasuki dunia kampus bagi maba adalah memasuki dunia dengan atmosfer yang berbeda dari sebelumnya.

Untuk itu, adaptasi adalah salah satu ‘ritual’ penting dan menjadi makanan sehari-hari, yang mau tak mau harus dilakukan mahasiswa baru demi mendapatkan kenyamanan selama belajar di kampus.

Ilustrasi. Wisuda Sarjana dan Diploma STMIK Balikpapan 2011.

Mulai dari rangkaian proses administrasi, pengenalan struktur organisasi, kurikulum, dosen penasehat akademik (PA) atau dosen wali, sampai orientasi pengenalan kampus (ospek) dilakukan demi kelancaran perkuliahan nanti. Rangkaian agenda tersebut wajib diikuti maba tanpa tawar-menawar.

Saat pertama kali mengikuti perkuliahan pun muncul banyak permasalahan yang terlihat kecil, tetapi suatu saat bisa berdampak besar. Masalah tersebut biasanya berupa kebingungan dengan lingkungan barunya, yaitu kehidupan kampus. Salah satunya adalah bingung memilih mata kuliah saat mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), karena sebelumnya tidak memiliki gambaran mengenai masing-masing mata kuliah tersebut.

Tidak sedikit dari mahasiswa baru yang akhirnya mengikuti arus mengikuti teman-temannya daripada bertanya pada dosen PA, senior, atau orang yang lebih mengetahui dan berpengalaman. Tapi jangan khawatir, di semester pertama kuliah, di kampus ini akan disediakan satu paket matakuliah dengan beban lebih kurang 20 SKS telah dirancang untuk diikuti maba tanpa harus memilih matakuliah sendiri.

Perencanaan mata kuliah tiap semester adalah hal paling dasar, maka jangan sampai suatu saat menjadi masalah yang mengganggu perjalanan studi. Manfaatkan peran dosen Pembimbing Akademik (PA) untuk berkonsultasi dalam memilih mata kuliah yang akan diambil di tiap semester, agar perjalanan studi selalu mulus hingga lulus sarjana nanti. Selamat datang mahasiswa baru, semoga sukses, ok! :-)