Artikel

Entrepreneurship, Belajar Bisnis Teknologi Informasi Lewat Workshop iMulai

SAMARINDA – Kamis (5/4), Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Microsoft mengadakan workshop untuk membantu persiapan para pelaku bisnis baru di bidang Teknologi Informasi (TI). Kegiatan ini bertujuan mengembangkan rencana bisnis dalam menghadapi kompetisi iMulai atau Indonesia Mulai, yaitu kegiatan tahunan yang ke 4 Kompetisi dan Penghargaan Inovasi Bisnis Berbasis TIK. Topik dalam workshop ini adalah gagasan untuk produk-produk baru dan layanan untuk meningkatkan cara-cara entrepreneurship atau kewirausahaan dalam menjalankan bisnis TI.

Acara yang berlangsung di Ruang Serbaguna lantai 4 Rektorat Universitas Mulawarman Kampus Gunung Kelua Samarinda ini cukup meriah, setidaknya diikuti sekitar 100 orang peserta yang berasal dari Balikpapan, Samarinda, dan sekitarnya. Tercatat sekira 16 orang peserta dari STIKOM Balikpapan yang terdiri atas dosen dan mahasiswa, terlihat cukup aktif dan antusias mengikuti acara, yang dimulai sekira pukul 9.00 WITA hingga 15.00 WITA ini.

Foto bersama sebagian peserta, panitia, pembicara Workshop iMulai 4.0 (5/4/2012) di Universitas Mulawarman Samarinda. Dok. PSI.

Utusan USAID, Firman B. Aji, di sesi awal menyampaikan tujuan dan pesan-pesan dukungan USAID dalam kegiatan ini. Adapun sesi yang paling dinantikan peserta adalah workshop pembuatan Rencana Bisnis (Business Plan) yang cukup apik disampaikan oleh Jony Oktavian Haryanto, Ph.D. Tak heran, dosen Universitas Kristen Satya Wacana yang pernah masuk 10 dosen terbaik Indonesia pada Agustus 2011 versi Dikti ini, cukup berpengalaman dalam menjelaskan mengenai bagaimana menyusun Road Map bisnis, mewujudkan angan-angan atau ide menuju ke kenyataan, hingga soal real life versus kompetisi.
Akhirnya, selamat dan sukses berwirausaha dan berkompetisi di bidang teknologi informasi! (sa).

Dokumentasi foto di sini: BAAK STIKOM Balikpapan Facebook