Mahasiswa

UNIT USAHA MAHASISWA STMIK STIKOM BALIKPAPAN DINOMINASIKAN PADA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA INDONESIA (KMI) OLEH DIRJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI

STMIK Balikpapan kembali terpilih dan dinominasikan pada beberapa bidang dalam expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX. Acara berlangsung sejak tanggal 9-12 november 2018 di kampus Insitut Pertanian Bogor (IPB) Jawa Barat. Terdapat tiga unit usaha STMIK Balikpapan yang di terpilih pada expo KMI 2018 ini, di antaranya ada usaha distro yang dijalani oleh mahasiwa semester 3 prodi Manajemen Informatika, Deodatus Bagus Dwi Cahyono sudah memulai usaha distro sejak tahun 2015. “Saya dulu mulai usaha ini berawal dari menjual peralatan elektronik dan perlengkapan smartphone” ujar Deo nama sapaannya di kampus.Kini usaha distronya sudah berkembang dan banyak di minati oleh anak muda Balikpapan.Usaha ini terpilih sebagai nominasi pada bidang dagang dan jasa.

Kemudian ada Starting Studio usaha mahasiswa STMIK Balikpapan semester 3 prodi Teknik Informatika. Starting studio adalah penyedia jasa videografi,photografi dan juga desain grafis. Awal mula starting studio menjalani usaha ini karna di percaya untuk mengabadikan moment hut yayasan airlangga balikpapan. Berangkat dari pengalaman tersebut strating studio mulai memasuki dunia bisnis multimedia di balikpapan.”Awalnya saya di amanahi oleh Ketua Yayasan Airlangga untuk mendokumentasikan hut yayasan airlangga pada tahun 2017. Kemudian saya lihat peluang bisnis multimedia di balikpapan sangat menggiurkan oleh karna itu saya berfikir mengapa tidak saya seriusin aja usaha ini hitung-hitung untuk menambah uang jajan.” ujar Andri Tri yang merupakan penggagas starting studio. Strating studio sendiri memiliki tim yang masih sesama mahasiswa STMIK Balikpapan. Starting studio juga telah banyak berkontribusi untuk kampus STMIK Balikpapan dengan membuat konten-konten video tentang STMIK Balikpapan.

Selain itu, ada hosting rakyat yang menyediakan jasa web hosting dengan harga terjangkau dengan target usaha-usaha kecil dan mikro (UMKM). Meskipun usaha ini baru dimulai pada september silam, Hosting Rakyat telah dipercaya oleh banyak klien, mulai dari mahasiswa hingga perusahaan-perusahaan di daerah Balikpapan, sehingga dinominasikan pada bidang teknologi di KMI 2018. “Harapan untuk kedepannya kegiatan seperti ini bisa memacu semangat teman-teman di stmik balikpapan untuk bisa berwirausaha sendiri.” tutup Andri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *